Navigation Menu

Saturday 7 February 2015

TANAH AIRKU TANAH SURGAKU




 TANAH AIRKU TANAH SURGAKU



Sesuai dengan judulnya gue pengen sharing tentang Indonesia . Banyak banget hal yang bisa lo gambarkan dari Indonesia . Tapi sebelumnya gue pengen nanya dulu , apakah lo bangga menjadi warga negara Indonesia ? Apakah lo nyesel karena lo dilahirin di Indonesia ? Atau sebaliknya? . Kalo gue sendiri sih termasuk orang yang bangga udah terlahir di bumi yang indah dan memiliki pesona yang ngga ada tandingannya ini . Ya meskipun Indonesia bukanlah negeri yang maju dengan kecanggihan teknologinya , tapi banyak juga yang ngga ada di negara maju yang bisa lo temuin disini . Negeri yang terkenal dengan julukan dengan seribu pulau ini memang memiliki banyak sekali hal patut untuk kita banggakan , mulai dari tradisi , adat dan budayanya dan juga kekayaan alam yang ngga kalah melimpahnya  . Bayangkan deh negeri ini terdiri atas 6000 buah pulau yang terhuni dari jumlah keseluruhannya yaitu sekitar 13.667 buah pulau , informasi ini gue dapet dari situs indonesia.go.id

Keindahan alam di Indonesia memang ngga bakal ada abisnya , dari pulau pulau yang banyak sekali dihuni oleh berbagai macam suku dan memiliki tanaman dan satwa endemik dari pulau pulau tersebut . Dari Sabang samapai Merauke Indonesia memiliki berbagai macam suku , bangsa, dan agama .Nah disini gue mau menjabarkan sedikit tentang kecintaan gue terhadap tanah lahir tempat gue berasal ini . Inilah beberapa faktor yang bikin gue cinta mati sama Indonesia ini : 


1.TRADISI

 TRADISI



Yang gue banggain nih , tradisi tradisi unik yang dimiliki oleh berbagai macam suku itu sangat jarang lo temuin di belahan dunia yang lain . Kekayaan inilah yang bikin gue semakin cinta tanah air , ditengah globalisasi yang makin mendunia dengan kemajuan teknologinya . Tradisi seperti upacara adat diatas yang gue ambil dari salah satu daerah di Bali yang dinamakan sebagai upacara Ngaben . Ini lah kekayaan Indonesia yang ngga ternilai . Dengan nilai seni dan nilai sejarah yang tinggi , inilah salah satu nilai plus dari Indonesia yang mampu untuk menarik turis turis dari negara lain untuk mengunjungi yang Indah nan Cantik ini. Nah untuk menjaga kekayaan  dari nenek moyang kita ini dan secara turun temurun , jadi lo juga harus jaga ya guys dengan baik baik tradisi tradisi di negeri ini .


2. BUDAYA


 BUDAYA


Selain tradisi tradisi kental yang dimiliki oleh Indonesia , budaya yang dimiliki Indonesia sendiri juga memiliki kekayaan yang tidak ternilai harganya . Dari berbagai rumpun , suku , dan bangsa terciptalah kekayaan kekayaan yang ngga bisa pungkiri lagi kalo Indonesia emang negara yang memiliki nilai budaya yang tinggi . Bermacam macam kreasi yang dihasilkan di negeri ini seperti alat musik dan lagu , bahasa daerah , cerita rakyat , makanan dan minuman , motif motif kain, naskah kuno dan prasasti , ornamen , pakaian tradisional, permainan tradisional , seni pertunjukkan , tarian , alat perang dan mungkin masih banyak lagi . Oiya pasti pernah kan lo denger kalo ada orang bule yang sampe jatuh cinta sama budaya yang Indonesia miliki ? wah keren ya, begitu takjubnya mereka dengan budaya kita, sampe sampe mereka jatuh cinta loh . Bahkan ada yang rela sampe pindah kewarganegaraan loh demi mendalami budaya di Indonesia karena begitu terpesonanya mereka dengan budaya kita. Gue pun kagum banget sama kebudayaan yang kita miliki . Begitu menawannya semua keindahan yang kita miliki hingga mampu untuk menghipnotis orang orang asing yang mengunjunginya . 


3. KEKAYAAN ALAM

 KEKAYAAN ALAM



Ini lah salah satu faktor yang bikin gue cinta mati sama Indonesia , GOKIIILLLL !!!! cuma kata itu yang bisa gue gambarin tentang kekayaan alam yang kita miliki ini . Karena keindahannya gabakal bisa digambarin sama kata kata aja , mata lo pun ngga bakal bisa mengalihkan pandangan ketika lo udah ngeliat betapa kaya nya alam yang kita miliki ini , mulai dari tempat tempat yang memiliki keindahan yang luar biasa dengan flora dan faunanya , sampe dengan sumber daya alam yang melimpah . Namun sayangnya kita masih memiliki banyak kekurangan tenaga tenaga ahli untuk mengolah sumber daya alam itu , sehingga pada akhirnya kita cuma bisa mengekspor sumber daya alam yang melimpah ini ke negara negara tetangga dan kita cuma hanya kebagian untuk mengonsumsi barang jadinya saja . Tapi tetep semangat ! kita juga jangan mau kalah untuk terus belajar untuk mengolah sumber daya alam ini , jangan sampai kita cuma jadi negara yang tidak bisa apa apa terhadap sumber daya alamnya sendiri . Dan gue yakin suatu saat Indonesia pantes untuk di jejerkan dengan negara negara maju , ketika Indonesia sudah memiliki banyak tenaga ahli yang mampu untuk mengolah kekayaan sumber daya alam kita ini . 


Hemm selain faktor faktor diatas Indonesia juga terkenal dengan masyarakatnya yang memiliki nilai tata krama yang tinggi . Murah senyum itu lah kata yang pantas di sandang oleh masyarakat Indonesia . Dan juga sopan santun dalam berbicara merupakan gambaran tersendiri yang melekat pada diri warga negara Indonesia . Kalo pesen gue tolong jaga baik baik nilai nilai plus yang Indonesia miliki ini ya , jangan lo lunturin dengan budaya budaya asing yang ngga kita kenal . Boleh boleh aja si kalo lo seneng sama budaya asing . Tapi tetep  lo harus jaga juga ya budaya Indonesia ini . Dan jangan lupa juga untuk menggunakan produk produk asli Indonesia yang ngga kalah bagusnya juga sama produk produk luar negeri .

SALAM CINTA TANAH AIR !
 -HADIKUS-

No comments:

Post a Comment

Budayakan untuk meninggalkan komentar setelah membaca .

Etika dalam berkomentar :
dilarang menggunakan kata kata kasar dan kotor, dan harus menggunakan kata-kata yang sopan