Navigation Menu

Sunday 1 February 2015

YANG MUDA YANG BEREKSPRESI

Pernah ngga si lo bener bener berada di titik yang paling terpuruk dalam hidup lo ? ya itu dimana keadaan saat lo bener bener berada di titik tergalau dalam hidup lo . Galau yang gue maksud disini bukan berarti galau dalam dunia percintaan ya . Galau disini yang gue maksud , dimana lo ngga tau lagi gimana harus ngejalanin hidup lo dan passion apa yang sebenernya lo miliki ? Ya bisa dibilang ibaratnya , lo lagi bete betenya deh dengan hidup lo yang gitu gitu aja dan ngga ada perkembangannya sama sekali . Yang ada justru keluhan dan mood yang ngga bagus deh yang dateng setiap harinya . Dan pasti lo juga pernah kan ngeliat hidup orang lain yang terlihat lebih bahagia dibanding hidup lo ? biasanya kalo lo bilang sih "hidup mereka tuh enak banget ya , bisa ini bisa itu , apalagi yang punya uang lebih . bisa beli ini itu , jalan kesana sini dengan senang hati, wih enak banget deh pokoknya , beda banget ngga kayak gue" . Apalagi ada juga yang ditambah dengan beban pikiran galau dalam dunia percintaan , tambah jadi beban aja deh tuh hidup . Dan mulai terbenak dalam pikiran lo deh , "sebenernya apa sih gunanya gue hidup ya? apa gue juga bisa seperti mereka ? apa gue juga bisa ngerasain hidup enak seperti mereka ya? kapan ya gue bisa seperti itu ? ".

Kalo dalam pandangan gue si yang namanya galau itu si pasti ada , dan wajar banget dialamin sama kita yang masih muda , dan masih tergolong sangat labil . Tapi kalo menurut gue , jangan terlalu lama kalo mau bergalau ria di masa muda seperti ini, banyak banget hal positif yang harusnya bisa lo gali lebih dalam saat lo masih dalam usia yang produktif ini . Masa muda lo itu masa masa produktif lo , masa muda lo itu masa masa lo berekspresi , masa muda lo itu masa masa petualangan lo buat mencari jalan yang bakal lo jadiin kisah manis lo nanti saat lo udah sukses. Dan inget kalo sekarang itu lagi ngejalanin hidup di dunia ini, dan hidup lo harus punya arti dan manfaat , apalagi kalo lo bisa bikin orang terinspirasi dengan hidup lo itu . Sekarang gue mau nanya sama lo, apakah lo pernah punya cita cita dulu? pernahkah lo dulu bermimpi ingin seperti apa nanti saat lo dewasa? atau dari hal terkecil deh , hal apa yang lo suka lakuin? tapi dalam kategori yang positif ya . Nah coba lo perhatikan lagi deh hal hal tersebut , kalo lo belum punya hal hal tersebut mendingan sekarang coba lo perhatiin deh . Apakah lo punya hobby? apakah lo punya kesenangan ? apakah lo punya impian ? atau mungkin bidang apa yang lebih suka lo tekunin dan coba lo jalanin itu semua dengan membentuk sebuah rencana atau yang biasa kita sebut sebagai misi untuk menggapai mimpi mimpi yang kita harapkan itu . Sekarang lo udah mulai mendapatkan sedikit gambaran hidup lo , tapi  itu belum apa apa sebelum lo napakkin kaki lo buat bergerak untuk ngejalanin misi lo dan mulai mengejar mimpi lo .

Lo udah baca paragraf kedua ? oke berarti lo udah nyoba berandai andai buat ngegambar kerangka mimpi mimpi lo dan mulai coba untuk melengkapi kerangka kerangka itu dengan sedikit warna , karena lo udah mulai mencoba untuk mengerjakan dan juga mewarnai kerangka kerangka itu . Berjuanglah buat nyelesain misi lo itu . Untuk itu lo perlu kerja keras untuk mengerjakannya . Jangan pernah nyerah , sekalipun lo terjatuh lo harus bangun dan bangkit lagi dan terus berusaha dengan memberikan yang terbaik dalam diri lo untuk menggapai mimpi lo . Optimis lah kalo kerja keras lo itu ngga akan sia sia , dan akan berbuah manis suatu saat nanti. Lo juga harus punya konsistensi dan semangat yang kuat supaya lo tetep terjaga pada misi lo untuk menyelesaikannya dan mendapatkan mimpi lo . Membangun sebuah semangat juga bukanlah perkara yang sulit , namun juga bukan sebuah perkara yang mudah . Itu bisa tergantung pada diri kita masing masing . Pertama sih coba deh lo kesampingkan dulu pikiran lo tentang hidup orang lain yang bisa mematikan produktivitas lo . Maksudnya? Nih buat lo yang suka minder sama hidup orang lain , biasanya ini salah satu faktor yang buat hidup lo jadi ngga bisa produktif . Biasanya orang yang suka minderan seperti ini lebih memikirkan nikmatnya hidup orang orang yang dipandang mereka itu sebagai kalangan atas lah , dan mereka semakin ngerasa berada jauh dari posisi orang orang kalangan atas itu berada . Sebenernya lo sendiri gatau kalo mereka mereka itu juga dulu mengalami fase fase yang lo lagi jalanin sekarang, hanya saja mereka konsisten menjalani misinya dan berhasil untuk menggapai mimpinya.

Ngga ada salahnya emang kalo mau ngeliat enaknya hidup orang lain , tapi lo jangan sampe berlarut larut ngeliatnya , ntar lo malah ngiler dan ngerasa semakin minder dan ngga bisa seperti itu .  Cukup jadikan kenikmatan mereka seperti itu sebagai motivasi lo , ya siapa tau aja suatu saat lo bisa rasain  apa yang mereka bisa rasain itu . Jangan sekali kali lo berkata ngga bisa ! Ngga ada yang ngga bisa dilakuin sama lo, ketika orang lain aja mampu buat ngelakuinnya . Dan percaya sama diri lo sendiri , kalo lo itu bisa lebih hebat dari orang lain asalkan dengan dibarengi sama rasa rendah hati lo . Jangan pernah puas sama apa yang udah lo usahain , tapi jangan pernah lupa juga buat bersyukur ketika lo udah mampu untuk melakukan sesuatu yang lo inginkan itu .
Mulai lah membangun sebuah semangat dan tekad, kalo lo itu pasti bisa . 

Ketika semangat dan tekad telah terbangun untuk mendukung kerja keras lo  , kini saat nya konsistensi lo diuji deh . Konsisten ? apakah lo konsisten buat menjalankan misi misi lo itu? Gue mau mencoba menggambarkan sedikit tentang sebuah konsistensi nih . Konsistensi itu ketika lo tetap berada di jalan yang lo tuju dengan fokus lo supaya lo ngga keluar dari jalan yang lo tempuh itu . Banyak orang yang keluar dari konsistensinya sendiri , yaitu ketika mereka gagal dan mereka ngga mau untuk balik lagi terjun dijalan yang sama untuk menggapai sebuah kesuksesan . Atau banyak juga yang gagal untuk menjaga konsistensi  dirinya , karena semangat yang luntur ketika mereka kurang percaya diri saat berada dijalan yang mereka tempuh hingga menyebabkan mereka keluar dari jalan yang udah mereka tempuh dan mulai terombang ambing untuk mencari jalan yang lainnya . Disisi lain konsistensi itu emang membutuhkan kesabaran yang sangat besar , untuk menjalanin proses proses dan segala ujian yang bakal lo terima di tengah jalan nanti . Jadi untuk menjaga konsistensi lo , jangan sampe lo kehilangan semangaat , jangan sampe kepercayaan diri lo berkurang , jangan sampe juga lo kehilangan kesabaran untuk menjalani sebuah proses dan menghadapi ujian ketika lo menuju mimpi mimpi lo .

Hemm ngga lupa juga DOA ! doa juga merupakan sesuatu yang ampuh ketika lo emang berada di posisi yang sulit . Kekuatan doa memang luar biasa , tuhan memang ngga akan pernah ngingkarin janjinya ketika lo berdoa . Dia pasti bakal kabulin , asalkan lo mau berusaha , dan tetep konsisten sama semangat , dan kesabaran lo itu . Tuhan itu adil , Tuhan cuma ngga mau kalo ngeliat lo hidup ngga ada artinya .  Tuhan bisa aja bikin lo kaya mendadak , tapi emang ada artinya ? Kalo lo kaya mendadak gitu aja tanpa sebuah proses ? ngga kan? . Sebenernya Tuhan cuma mau kita itu mengerti kenapa kita diciptakan dan apa artinya ketika kita dilahirkan di dunia yang kejam ini . Apakah lo bakal berjuang ? karena semua yang terlahir di dunia ini pasti punya perjuangan dan kisah mereka masing masing yang bisa kita liat, jadiin pelajaran dan inspirasi . itu alsannya kenapa Tuhan nyiptain lo . Dan lo harus bangga ! karena berarti ketika lo lahir di dunia ini , Tuhan itu punya suatu rencana untuk lo . Dan lo harus tunjukkin perjuangan itu . Jangan jadi orang yang lemah dan sering mengeluh , karena Tuhan bukan nyiptain lo untuk seperti itu . Buatlah sebuah kisah , tentang hidup lo . Sekalipun kisah lo ngga berarti banget buat orang orang di dunia , seenggaknya usaha lo untuk menciptakan sebuah kisah yang cukup berarti untuk diri lo dan Tuhan . Jadi untuk menggapai sebuah mimpi itu , doa juga faktor yang ngga bisa lo lupain . 

kalo pesen dari gue :
"Kalo lo terjatuh , bangkitlah secepatnya . Jangan terlalu lama merenung , tapi segera pikirkan cara untuk menciptakan kisah lo yang hebat !"
 -hadikus-

-BERSAMBUNG-

No comments:

Post a Comment

Budayakan untuk meninggalkan komentar setelah membaca .

Etika dalam berkomentar :
dilarang menggunakan kata kata kasar dan kotor, dan harus menggunakan kata-kata yang sopan