Navigation Menu

Friday 20 February 2015

Bahagia dan Bermakna


bahagia dan bermakna
bahagia itu bermakna , bermakna itu bahagia


Selamat datang para pembaca , kali ini gue mau sharing topik nih tentang Bahagia dan Bermakna . Apakah sudah ada gambaran di pikiran kalian tentang topik yang akan gue sharing ini ? . Sebenernya kata bahagia itu sendiri berarti apa? dan kata bermakna disini juga berarti apa ? Dan apakah kedua kata tersebut saling berkaitan ? Yuk kita kupas topik tersebut . Gue juga ngambil beberapa sumber dari tetangga tetangga sebelah yang menurut gue bisa dijadikan sebagai referensi gue dalam menulis topik ini . Tanpa berpanjang lebar langsung aja yuk kita ulas

Bahagia ? apakah arti dari kata bahagia itu sendiri ? Kalo menurut gue pribadi kata bahagia itu bisa berarti sesuatu yang memuaskan dan menyenangkan hati kita ketika sesuatu yang kita harapkan bisa terwujud  . Bahagia juga bisa tercerminkan dengan beberapa aspek dalam hidup kita yang biasanya tercerminkan lewat pekerjaan, kesehatan , keluarga , hubungan , persahabatan , harta dan masih banyak lagi  .Cara orang-orang dalam mengekspresikan kebahagiaannya pun bermacam-macam , ada yang tersenyum dengan penuh kebahagiaan, ada yang berteriak dengan sekencang kencangnya untuk mengekspresikan kalo dia bahagia , ada yang menangis terharu , dan mensyukurinya dengan cara yang tidak berlebihan . Hidup bahagia itu memang dambaan bagi setiap orang di muka bumi ini . Namun ada beberapa orang diantara kita yang masih belum bisa menikmati kebahagiaan itu sendiri dalam hidup mereka .

Bermakna ? apakah arti dari kata bermakna itu sendiri ? Kalo menurut gue pribadi kata bermakna itu bisa berarti sesuatu yang dapat memberikan kita pelajaran tersendiri dalam hidup yang penuh dengan pelajaran . Sehingga dengan begitu kita bisa menikmati hidup ini dengan penuh rasa hikmat dan rasa bersyukur yang lebih dari hanya sekedar bersyukur . Lantas seperti apa contoh bermakna tersebut? Contoh dari bermakna itu sendiri kalo menurut gue ketika lo hidup dengan penuh keterbatasan dan kekurangan namun lo tidak hanya menjalaninya dengan keputusasaan saja . Melainkan dengan rasa syukur dan mencoba berusaha untuk menjalani hidup tersebut sebaik mungkin , dan semaksimal mungkin dari biasanya . Tanpa memandang status , harta , derajat dan yang lainnya . Hidup yang bermakna itu tercipta ketika lo lebih mensyukuri dan menikmati apa yang ada, dibanding mendambakan sesuatu yang ngga lo punya. Ngga sedikit juga orang orang yang belum mengerti tentang makna hidup yang sebenernya .

Nah trus apa bedanya hidup bahagia dengan hidup berwarna? Gue punya satu sumber yang ngejelasin apakah dari bahagia dan bermakna , sumber ini gue lansir dari hipweedotcom .Beberapa peneliti mencoba menggali perbedaan antara hidup bahagia dan hidup yang bermakna. Di antara dua pilihan itu, manakah yang bisa membantu manusia menjadi lebih baik?
Menurut Roy Baumeister, profesor Psikologi dari Florida State University Amerika, terdapat beberapa perbedaan antara hidup bahagia dan hidup bermakna. Braumeister dan tim penelitinya melakukan survey terhadap 397 orang dewasa, untuk mencari hubungan antara tingkat kebahagiaan, makna dan tujuan, serta beberapa aspek dari hidup mereka, seperti perilaku, suasana hati, hubungan romantis, kesehatan, pekerjaan, dan kreativitas.
Nah, di akhir penelitian, para peneliti ini menemukan 5 perbedaan besar antara hidup bahagia dan hidup bermakna:
  • Orang yang bahagia akan lebih berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka, tetapi mereka belum tentu meraih hidup yang bermakna. Misalnya, orang yang bahagia akan berusaha tetap sehat, bertambah kaya, dan mempermudah hidup mereka. Namun, hal-hal ini tidak serta merta membuat hidup mereka bermakna.
  • Hidup bahagia melibatkan hal-hal yang terfokus pada masa kini. Sedangkan hidup bermakna lebih komprehensif: melibatkan hal pada masa lalu, masa kini, masa depan, dan segala keterkaitan di antara ketiganya.
  • Hidup bermakna dapat diraih dengan menyedekahkan sesuatu kepada orang lain, dan hidup bahagia datang justru ketika seseorang memberikan kita sesuatu.
  • Hidup bermakna akan membuatmu selalu merasa tertentang, namun kadang juga tertekan. Tingkat ketakutan, stres dan kecemasan seseorang terkait dengan seberapa bermakna hidupnya.
  • Kebebasan berekspresi merupakan hal penting dalam hidup bermakna, tetapi tidak dalam hidup bahagia  Melakukan sesuatu untuk mengekspresikan diri dan menjaga identitas diri akan membuat hidupmu bermakna, tetapi belum tentu membuatmu bahagia!
Namun ada beberapa sumber yang menentang perbedaan antara bahagia dan bermakna itu sendiri , salah satunya adalah Sonja Lyumbormirsky, seorang peneliti kebahagiaan dari Universitas California. Dia memiliki anggapan berbeda yaitu menganggap bahwa para peneliti yang mencoba untuk memisahkan pemaknaan dan kebahagiaan adalah sesuatu yang salah, karena “Makna” dan “Bahagia” adalah dua hal yang saling terjalin dan tak terpisahkan. “Ketika kamu merasa bahagia, dan kamu melupakan “makna” sebagai bagian dari “kebahagiaan”, itu bukanlah sebuah kebahagiaan yang sebenarnya”, imbuhnya.

Nah kalo menurut gue sendiri nih , yang namanya bahagia itu emang lebih menuju kepada suatu pengharapan yang terwujud meskipun ada beberapa kategori yang tidak bisa dikatakan bermakna . Persepsi tiap orang pun berbeda . Ngga sedikit juga yang bilang kalo bahagia itu bermakna ataupun sebaliknya . Namun kalo versi gue bermakna itu mendukung terjadinya suatu kebahagiaan . Seperti  membagikan sedikit cerita hidup yang mempunyai makna untuk seseorang yang membutuhkan sebuah pelajaran tentang makna hidup dan itulah yang membuat gue bisa lebih bahagia . Sehingga keterkaitan kata bermakna dan bahagia itu lebih kuat . Gue lebih setuju kalo bermakna itu bisa mengekspresikan sesuatu dalam diri kita buat hidup yang kita jalani dan tentu bisa membuat kita bahagia dengan mengekspresikan sesuatu tersebut . Untuk lebih memperdalam makna yang kita jalanin gue juga ngga lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang gue terima dan menjalaninya sepenuh hati meskipun terkadang sering membuat jenuh dan melelahkan . Sabar , ikhlas , dan terus berjuang ,  buat hidup lo lebih bermakna guys !

Kalo kata gue nih : Untuk hidup jangan takut berekspresi , jangan takut kalo ekspresi lo ga bakal dihargain , bawa enjoy aja yang penting original dari dalem diri lo . Karna karya lo itu suatu makna dari hidup lo  .


No comments:

Post a Comment

Budayakan untuk meninggalkan komentar setelah membaca .

Etika dalam berkomentar :
dilarang menggunakan kata kata kasar dan kotor, dan harus menggunakan kata-kata yang sopan