Navigation Menu

Sunday 11 January 2015

BATU MEMBAWA PETAKA

Sebelumnya gue pengen tanya dulu nih,apa yang lo rasain ketika lo di datengin bapak bapak yang lagi bawa golok terus ngancem lo ? bisa kebayang kah?

Nah untuk itu gue mau sedikit berbagi cerita tentang itu , ini kisah nyata loh . Ini salah satu kenangan gue bersama teman teman seperjuangan gue saat gue masih di sekolah dasar . Kejadian itu terjadi kira kira pas gue kelas 3 SD .

Sebelum memulai ke cerita , gue pengen kenalin dulu nih temen temen seperjuangan gue saat itu . Pertama gue punya temen cadel yang ngga bisa ngomong R dengan lancar , sebut saja dia Eda , trus ada temen gue yang paling badung tapi konyol sebut saja dia Nay , lalu Idlaf , Inja, Ilaj , Ranggil , Anggar , Rio , Eby , dan Jafar .

Mereka merupakan temen nongkrong gue atau dalam bahasa gaul temen kongkow gue masih kecil . Dengan karakter mereka yang bandel , konyol , kocak , dan tengil, gue akuin mereka emang teman terbaik gue saat kecil dan sangat cukup untuk mendapatkan kenangan bahagia bersama mereka saat kecil . Jadi buat gue ngga ada tuh kata "masa kecil kurang bahagia" karena masa kecil gue udah puas banget nakal nakalan dan main bareng temen temen gue yang saik eh asik hehe.

Oke langsung aja kita ke cerita , saat itu pas gue kelas 3 SD . Waktu itu gue sama sahabat sahabat gue, Eda, Nay, Inja , Ilaj, Ranggil, Anggar , Rio, Eby, dan Jafar lagi jalan jalan keliling disekitar lingkungan sekolah , yang memang berdekatan dengan lingkungan penduduk . Waktu kita udah pulang sekolah ,kira kira sekitar jam 1 siangan deh , gue dan kawan kawan lagi main aja kebetulah tasnya kita tinggalin disekolah dulu dan ngga langsung pulang ke rumah . Ya lo tau lah kan ? Ketika saat kita masih kecil banyak hal hal konyol yang kita lakuin . Nah saat itu gue sama temen temen gue lagi jalan di gang yang ngga jauh dari sekolah gue . Kira kira gangnya lumayan gede deh , cukup buat jalanan mobil , dan dipinggir gangnya itu ada got atau kali kali buat saluran air .  Pas itu kita lagi nendang nendang batu ceritanya , awalnya dari si Jafar, Eby , Rio , lalu kita asik oper operan atau dalam bahasa kerennya passing-passingan rame rame deh . Setelah asik main oper operan , batunya terakhir ada di kakinya si Eda . Karena keseruannya udah abis , si Eda lalu nendang batu itu ke got atau saluran air yang ada di pinggir gang itu . 

Gue dan kawan kawan lalu jalan lagi menuju ke sekolah buat ambil tas lalu pengen pulang kerumah . Tapi ternyata ngga semulus itu gue dan kawan kawan bisa langsung masuk ke sekolah , lo tau ngga ? ternyata ada sesuatu yang gue dan kawan kawan ngga sadar pas kita lagi maen oper operan batu, yaitu ada seorang ada bapak yang lagi bersihin pekarangan di rumahnya yang letak rumahnya emang persis sebelahan sama gang tempat kita tadi oper operan batu itu . Bapak itu berbadan tinggi , berkulit lumayan hitam , berkumis tebal dengan wajah yang agak serem like a monster gitu deh , wah serem banget deh pokoknya . Kenapa serem ? karna saat itu dia juga lagi megang golok , dan golok itu dia pake buat bersihin rumput disekitar pekarangan rumahnya .

Bapak itu ngomong gini ke gue dan kawan kawan gue , "WOI AMBIL NGGA TUH BATU DARI GOT ? " entah apa yang ada dibenak gue dan temen temen saat itu , kita malah lari , dan temen gue di Eda malah ngatain tuh bapak dengan jargon "Rosso..Rosso ", jargon yang saat itu terkenal di iklan K*K* B*MA, dan padahal lu tau kan si Eda ga bisa ngomong R? tapi yang gue heran kok dia kepikiran malah ngatain dengan kata kata itu , entahlah -_- . Tapi lo tau ngga ? Apa reaksi Bapak yang tadi nyuruh kita ngambil batu itu , dia ngejar gue dan temen temen gue . Seketika itu suasana menjadi kian mencekam buat gue dan kawan kawan . Kita pun ketakutan , dan wajah kita berubah jadi pucat ngga keharuan . Gue lari sekenceng kencengnya , dan saat gue berlari , gue terus bertanya-tanya dalem diri gue sendiri , kenapa itu monster bisa ngejar ? Apa karena namanya rosso? atau apa karena dia emang marah gara gara si Eda nendang batu ke got? ah entahlah . Tapi yang jelas saat itu kita lari sekenceng-kenceng buat menuju ke sekolah , tanpa mikirin apapun yang menghadang di depan kita.

Dan apesnya di sekolah udah sepi , guru guru pun udah pada cabut , yang ada tinggal penjaga sekolah doang. Gue refleks pura pura ngga tau dan masuk ke tukang es doger yang lagi rame dikerubutin sama anak anak yang lagi beli disekitar sekolah gue . Dan gue gatau temen temen gue pada mencar saat itu , karena suasana udah sangat mencekam . Tapi gue sial , tuh monster ternyata berhasil nemuin gue . Dengan tampang yang sangar dia ngancem gue pake golok dan dengan suara kencang yang menggertak , "MANA TEMEN TEMEN KAMU YANG TADI NENDANG BATU ? " , gue pun semakin menciut dengan wajah pucet gue , lalu gue jawab aja sambil nunjuk ke arah sekolah gue ,"KESANA PAK " . Gue pikir dengan jawab begitu bakal aman dan dia bakal jalan menuju sekolah , eh kenyataannya justru  gue diajak paksa sama dia ,"AYO IKUT SAYA" . Wah makin kicep aja gue disitu haha .

Setibanya gue di sekolah ,beruntungnya ada penjaga sekolah gue yang lagi nyapu di halaman sekolah, dia ngeliat gue dipaksa sama bapak bapak buat nelurusin tiap kelas yang ada disekolah gue . Dia langsung ngedatengin gue dan monster itu, kemudian dia nanya  sama monster itu , "ADA APA INI PAK?", lalu monster itu menjawab dengan suara keras yang menggambarkan kekesalannya "INI SAYA MAU CARI ANAK ANAK BANDEL" . Penjaga sekolah gue masih bingung dan masih ngga ngerti, trus nanya "MAKSUDNYA PAK?" , Monster itu lalu ngejelasin masalah yang terjadi , "JADI GINI PAK, TADI SAYA LAGI BERSIHIN HALAMAN , SEKITAR RUMAH SAYA PAK . NAH TRUS ADA ANAK ANAK BANDEL PAK YANG NENDANGIN BATU KE GOT YANG SEBELUMNYA SAYA UDAH BERSIHIN, LALU SAYA SURUH MEREKA BUAT AMBIL BATU YANG UDAH MEREKA TENDANG ITU , TAPI JUSTRU MEREKA MALAH LARI DAN MENCELA SAYA " .

Penjaga sekolah gue terus nyoba buat ngeredain emosi tuh monster dengan memberikan sedikit pengertian , "OH GITU PAK, IYA JUGA SIH PAK , KALAU SAYA JADI BAPAK PUN SAYA JUGA PASTI MARAH, TAPI YA NAMANYA JUGA ANAK ANAK PAK , KADANG SUKA BEGITU MEMANG , SAYA MOHON MAAF YA PAK KALAU SIKAP MEREKA SUDAH MEMBUAT BAPAK KESAL , YA SUDAH NANTI SAYA AKAN TEGUR DAN NASEHATI MEREKA PAK . BIAR ANAK ANAK INI SAYA YANG URUS YA PAK? " Si Monster pun kemudian mengerti dan mempercayakannya pada penjaga sekolah gue , tapi kemudian dia menatap ke arah wajah gue yang saat itu udah pucet maksimal dan berkata "AWAS YA KALIAN LAIN KALI KALAU SEPERTI ITU LAGI NANTI SAYA HABISI" sambil memainkan goloknya . Gue pun menjawab dengan nada pasrah yang ngga tau lagi harus ngomong apa "IYA PAK, AMPUN .. MAAF YA PAK, LAIN KALI SAYA TIDAK AKAN SEPERTI ITU LAGI " . Akhirnya monster itupun cabut dari sekolah gue dan menuju sarangnya kembali . 

Seketika itu pula gue mulai bernafas lega , dari yang tadinya tergesa gesa , dari yang tadinya pucet akhirnya gue merasakan aliran darah yang mengalir di tubuh gue lagi . Penjaga sekolah gue langsung nasihatin gue , dia ngomong "TUHKAN , LIAT DEH ULAH KALIAN SENDIRI? , APA YANG KALIAN RASAIN SEKARANG? MASIH BERANI BEGITU? ", gue pun menjawab "IYA PAK , SAYA TAU . NGGA LAGI LAGI DEH BEGITU . MONSTERNYA SEREM BANGET PAK " penjaga sekolah gue terus ngomong "HUSH, GA BOLEH GITU KAMU . DIA ITU SUDAH TUA UMURNYA NGGA PANTES KAMU NGOMONG BEGITU . KAMU TAU NGGA? SEBENERNYA SAYA SUDAH LIHAT TEMEN TEMEN KAMU TADI PADA NAIK KE KELAS YANG DI LANTAI 2 DAN 3 , MAKANNYA SAYA BERUSAHA TAHAN BAPAK ITU AGAR TIDAK NEMUIN MEREKA , UNTUNGNYA BAPAK BAPAK ITU MAU NURUT DAN MENGERTI , COBA KALAU TIDAK? " gue menjawab "IYA PAK, MAKASIH BANYAK YA PAK .. SAYA NGGA TAU LAGI KALAU NGGA ADA BAPAK . MUNGKIN SAYA SUDAH JADI DAGING CINCANG PAK " , lalu penjaga sekolah itu sambil membersihkan halaman kembali sembari berkata " YASUDAH LAIN KALI JANGAN SEPERTI ITU LAGI , SEKARANG PANGGIL TEMAN KAMU YANG ADA DI LANTAI 2 DAN 3 . BILANG KALAU KEADAAN SUDAH AMAN SEKARANG " gue pun menjawab " OKE SIAP LAH PAK" .

Kemudian gue naik dan manggil temen temen gue diatas dan kita ngumpul lagi di kantin sekolah yang kala itu sudah sepi , kita saling berbincang membahas tentang kejadian yang baru kita alami tadi . Ada yang ketawa ngakak, dan ada juga temen gue si Nay dia nangis , dan dia ngomong gini " EH GUA TAKUT BANGET, GUA PENGEN MINTA MAAF SAMA BAPAK ITU " mendengar kalimat ucapannya dan ekspresi wajahnya , temen temen gue pada tertawa ngakak , karena Nay merupakan anak yang paling bandel dan paling anti nangis diantara temen temen gue . Dan gue pun kaget mendengar kata katanya seperti itu haha . 

Tapi ya begitulah pelajaran yang dapat kita ambil , jangan pernah menggap hal kecil untuk di spelekan . Meskipun hanya sekedar menendang batu ke got , tapi kan kalau difikirkan kembali, apabila kita biarkan banyak batu menumpuk di saluran tersebut,  tentu akan menyumbat aliran air dan kotoran kotoran yang mengalir disaluran air tersebut hingga menyebabkan banjir di lingkungan kita . Dari situ gue dan kawan kawan dapat pelajaran dan pengalaman yang ngga bakal kita lupain hehe.

-BERSAMBUNG-

No comments:

Post a Comment

Budayakan untuk meninggalkan komentar setelah membaca .

Etika dalam berkomentar :
dilarang menggunakan kata kata kasar dan kotor, dan harus menggunakan kata-kata yang sopan